Peternakan Kerbau Rawa

Salah satu destinasi wisata yang menarik di desa pulau Patai adalah Kerbau Rawa (Swamp Buffalo) merupakan salah satu aset pusat peternakan kerbau rawa yang dikelola secara bersama oleh para pemilik kerbau rawa. Kerbau rawa adalah salah satu kerbau yang inik.Kerbau ini sebagian besar waktunya dihabiskan dirawa. Yang unik adalah prosesi penggiringan kerbau dari atas kandang untuk berenang dan berendam di air selama beberapa waktu kemudian menyaksikan iring – iringan kerbau ini berenang menuju daratan untuk mencari makan.

Atraksi yang dapat dinikmati adalah menyaksikan iring-iringan kerbau rawa ini,dari proses awal pelepasan sampai proses kerbau kembali ketempat asal/kandang. Proses ini dilakukan oleh seorang pemandu kerbau/penggembala kerbauyang hanya bertugas membuka pintu,memaksa kerbau turun keair, memastikan tidak ada yang terpencar lalu menuju lokasi makan kerbau dan menutup pintu kandang saat semua kerbau sudah masuk kandang..

Kerbau  rawa ini dapat ditemui di kawasan danau Pulau Patai Kecamatan dusun Timur. untuk menuju ke lokasi penangkaran memerlukan waktu 45 menit dengan menggunakan transportasi darat seperti : kendaraan roda dua dan roda empat  kemudian menuju dermaga sesampai didermaga berganti armada dengan menggunakan perahu menuju lokasi penangkaran untuk melihat/ menjumpai  kerbau rawa.