Lomba klotok

Salah satu alat transportasi yang seringkali digunakan oleh masyarakat Barito Timur yang mendiami pesisir sungai adalah perahu mesin yang disebut klotok. Perahu mesin ini memiliki berbagai macam ukuran dengan kapasitas mesin yang beragam pula. Masyarakat Desa Magantis mempunyai ide kreatif untuk melaksanakan sebuah event yaitu lomba balap klotok, sebagai agenda tetap mereka yang dilaksanakan tiap tahun. Setiap tahun baru mereka menggelar lomba yang diikuti oleh beberapa desa di pinggiran sungai sirau bahkan ada yang datang dari kabupaten tetangga Barito Selatan.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi baik itu hanya sekedar menonton atau yang ikut berpartisipasi, karena lomba klotok ini merupakan event pertama dan satu-satunya yang dilaksanakan di Barito Timur. Para pengemudi klotok handal bertarung untuk memacu klotoknya melintasi jalur yang sudah disediakan. Tahun 2019 ini Pemerintah Desa Magantis memfasilitasi dengan membuat sirkuit berupa kanal besar sejauh 1 km yang berada di dekat Desa. Harapannya agar pada musim kemarau pun bisa dilaksanakan event ini, bahkan apabila memungkinkan setiap bulan di tambah beberapa event lainnya.

Lomba klotok di Desa Magantis merupakan atraksi utama dalam menopang wisata baru desa tersebut, karena 90% masyarakat setempat sehari-hari menggunakan transportasi ini dalam beraktifitas di sungai. Lokasi wisata buatan ini berada di Danau Diaren desa Magantis yang sangat mudah diakses dan dekat dengan Ibukota kabupaten Barito Timur, Tamiang Layang.