Potensi besar di BENDUNGAN KARAU Desa Netampin. Bagian 2

Rencana kedepan Pemerintah Desa Netampin pada Tahun 2022, kawasan bendungan ini akan disediakan Kapal Susur sungai minimal 2 buah yang lebih besar sebagai fasilitas menikmati pemandangan di kawasan perairan Bendungan Karauini. Menurut Kepala Desa Netampin Estimasi harga untuk Kapal susur sungai tersebut berkisar 50juta untuk satu unit dan untuk pembelian kapal akan di anggarkan oleh pihak pemerintah Desa Netampin.

Berdasar petunjuk dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga agar Pemerintah Desa membentuk Kelompok pengelola wisata di Bendungan Karau dari pemuda dan masyarakat Desa Netampin. Kedepannya pengelolaan tersebut akan diserahkan ke pengelola baik itu sarana prasarana pendukung yang bertanggung jawab kepada Pemerintah Desa dan dibina oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga. Kemudian diharapkan kedepan dengan adanya kapal susur sungai tersebut, dapat menambah pilihan berwisata dengan berkeliling sungai sembari menikmati makanan dan minuman serta penjualan produk khas lokal Desa Netampin di dalam Kapal Wisata tersebut. Nantinya Kapal ini akan disewakan sehingga menjadi nilai tambah ekonomi dan PAD Desa dan Kabupaten. Untuk menambah atraksi pendukung lainnya bisa dilaksanakan berbagai macam lomba di kawasan tersebut seperti lomba mancing,lomba Dayung, lomba perahu hias dan lainnya.

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Timur, terkhusus Bidang Pariwisata akan membantu pembuatan draf peraturan desa agar kedepannya diharapkan dapat menetapkan Peraturan Desa mengenai tarif baik untuk parkir kendaraan roda 2, kendaraan roda 4 dan juga tarif sewa kapal susur sungai, kelotok dan transportasi air lainnya, sehingga pemerintah desa setempat dan pengelola wisata tersebut dapat bekerja sama dalam pengelolaan distribusi dan memberikan laporan kepada pemerintah daerah.