WISATAWAN MULAI KUNJUNGI KAWASAN PARIWISATA ZONA HIJAU DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

Kawasan wisata zona hijau yang berada di Kabupaten Barito Timurakan  mulai dibuka dan menerima kunjungan wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan covid-19. Daerah zona hijau diperbolehkan untuk membuka destinasi wisata yang ada tentu sebelum membuka kawasan wisata harus ada izin dari satgas covid-19 kabupaten barito timur.  Pembukaan setiap kawasan untuk kegiatan wisata harus disertai dengan penerapan standar protokol covid-19 seperti memeriksa suhu tubuh pengunjung,  memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta menghindari kontak dengan orang lain. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 dan mengurangi penularan oleh karena itu penerapan protokol kesehatan tetap dan wajib dilakukan oleh pihak pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur.

Antisipatif yang dilakukan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Timur dalam menyingkapi kondisi terkini terkait dengan mulai bergeliatnya kunjungan wisatawan pada masa pandemi covid-19 ke kabupaten Barito Timur  melalui video promosi dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran covid-19 dikawasan wisata maka diadakan pemetaan obyek wisata dan layanan yang bisa dibuka dan menyepakati  upaya penerapan protokol kesehatan pada layanan pariwisata.

Kendati ditengah pandemi seperti ini mempengaruhi terhadap kunjungan wisatawan ke destinasi wisata. Dari segi kunjungan wisatawan dimasa pandemi ini mengalami penurunan dan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah ( PAD )serta roda perekonomian masyarakat pun terkena imbas dengan tidak adanya kunjungan wisatawan ke destinasi wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur. pemerintah daerah melalui dinas terkait tetap berusaha melakukan inovasi agar pariwisata tetap berjalan dengan mempromosikan destinasi wisata melalui video virtual sebagai salah satu upaya agar wisatawan tertarik untuk berkunjung kembali .