Sumber mata air panas Desa Batuah

Penjajakan awal potensi pendukung di Riam Kendong yakni sumber mata air panas yang tidak jauh dari lokasi kawasan hutan Riam Kendong dilaksanakan oleh Disbudparpora Bartim dalam hal ini Bidang Pariwisata. Kegiatan survey ini didampingi langsung oleh Camat Raren Batuah, Kades Batuah dan perangkat desa serta pemilik lahan.
Jarak dari Riam Kendong ke sumber mata air ini berkisar 2 km, tapi ada jalur alternatif yang terdekat dari pinggir jalan dekat gerbang masuk Riam Kendong berjarak 300 m menyusuri sungai.
Sumber mata air panas ini menurut pemilik lahan pada awalnya ditemukan sangat panas dengan bau belerang yang menyengat, tapi sekarang sudah tertutup lumpur dan pasir. Kondisi inilah membuat suhu air menjadi hangat selain karena tercampur air sungai yang mengalir. Biasanya suhu air mulai terasa panas mulai sore hari sampai dengan subuh.
Kepala Bidang pariwisata beserta rombongan menyaksikan dan merasakan langsung fenomena sumber mata air panas dengan bau belerang seperti bau telur busuk ini, bahkan sedikit luka saja akan terasa pedih bila terkena air ini.
Sumber mata air yang bagus untuk kesehatan kulit ini nantinya bisa menambah potensi daya tarik Kawasan Riam Kendong bahkan Obyek-obyek wisata lainnya di wilayah Raren Batuah yang mempunyai banyak sekali potensi. Harapan kita wilayah ini kedepan memiliki akses yang terintegrasi dan nyaman untuk dilewati sehingga potensi kekayaan alam bisa dikelola maksimal bahkan mampu menarik investasi di bidang kepariwisataan.