BANGUN WISATA DENGAN POKDARWIS “PATAI MARA’AI ‘di DESA PULAU PATAI Bagian 1

Pariwisata adalah salah satu jenis usaha yang kini menjadi primadona. Pariwisata adalah jenis usaha yang memiliki kemampuan meningkatkan potensi ekonomi desa. Pariwisata membuka banyak peluang kerja, peluang ekonomi, dan akhirnya menjadi sebuah pilihan menarik mengentaskan kemiskinan di desa yang memiliki potensi mengembangkan wisatanyaFaktanya dalam beberapa tahun perkembangan desa wisata atau wisata desa luar biasa berkembang dan dikenal hingga kemancanegara. Salah satunya pokdarwis alias kelompok sadar wisata. Kelompok sadar wisata (POKDARWIS) adalah lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa pulau patai serta mewujudkan sapta pesona. Kepariwisataan di wilayahdesa pulau pataidiharapkan meningkatkan dan membangun daerah dan memberi manfaat bagi Warga desa pulau patai.

Pokdarwis adalah kelompok yang bergerak secara swadaya artinya pengembangan kepariwisataan  dilakukan oleh desa sendiri dengan segala potensinya. pokdarwis harus membangun dirinya secara swakarsa menciptakan pengembangan berdasarkan potensi kreativitas  dan sumber daya yang dimiliki oleh desa pulau patai.

Gerakan sadar wisata ini merupakan sebuah konsep, gerakan sadar wisata diwujudkan dengan adanya kelompok sadar wisata. Peran pokdarwis sangat dibutuhkan dalam pengembangan kepariwisataan suatu daerah.

Beberapa hal yang harus dilakukan pokdarwis desa pulau patai  adalah  pemerintah desa membentuk pokdarwis untuk memacu pengembangan wisata di desa pulau patai. peran pokdarwis mengembangkan wisata didesa menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki oleh desa pulau patai. Obyek wisata akan terus berkembang jika pengunjung merasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan ramah. Sementara, suasana - suasana seperti itu hanya bisa diciptakan oleh masyarakat desa pulau patai sendiri. Didesa pulau patai pokdarwis mulai mengembangkan potensi desa dalam hal kepariwisataan . kehadiran pokdarwis didesa pulau patai kedepanya membawa perubahan dan manfaat kesejahteraan bagi warga desa pulau patai pengembangan potensi pariwisata berbasis alam, budaya bisa dikenal dan desa pulau patai menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal oleh wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara.