POTENSI WISATA DI KABUPATEN BARITO TIMUR

Barito Timur memiliki dan menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Potensi pariwisata di kabupaten Barito Timur sangat menjanjikan jika mampu dikelola secara maksimal kabupaten Barito Timur memiliki potensi alam, budaya yang bisa dimanfaatkan dan dikelola.

Sector pariwisata di kabupaten barito timur memerlukan pembenahan serta optimalisasi. Keberadaan destinasi wisata menjadi salah satu wadah bagi masyarakat Barito Timur yang membutuhkan tempat hiburan /refresing melepas rasa lelah, kejenuhan dari rutinitas kerja.

Pariwisata diharapkan tidak hanya menjadi ikon daerah namun mampu memberi nilai tambah bagi ekonomi masyarakat Barito Timur, sektor pariwisata berpotensi  membantu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat apabila dikembangkan dan dikelola secara optimal dan Sebagai salah satu sumber PAD (pendapatan asli daerah) bagi kabupaten Barito Timur. Melalui sector pariwisata pemanfaatan obyek wisata yang memiliki potensi bisa memaksimalkan sebuah wisata menjadi bernilai ekonomi.

Pemerintah daerah khususnya DISBUDPARPORA mengatakan pihaknya  terus mendata potensi-potensi wisata yang ada dikabupaten ini. pemerintah daerah terus berupaya mengembangkan serta meningkatkan pembangunan sector pariwisata. Potensi obyek wisata yang menarik dikembangkan seperti air terjun riam kendong, wisata alam desa pulau patai, kawasan wisata Lewu Hante dengan pemandangan indah  dan ritual –ritual adat  sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat barito timur. Banyak tempat wisata di barito timur merupakan sebuah potensi yang terpenting untuk dikelola dan ditangani dengan baik. Agar potensi tersebut dapat memberi kontribusi bagi perkembangan daerah baik dari segi ekonomi sosial masyarakat dan juga pelestarian lingkungan hidup.

 Saat  ini  Pemerintah daerah berkomitmen bersama menyangkut banyak hal kewenangan lintas sektoral meningkatkan Pembangunan infrastruktur di kawasan wisata yang akan memudahkan wisatawan menuju obyek-obyek wisata /lokasi wisata potensial. Selain itu untuk memperlancar aktivitas masyarakat sehingga pembangunan dan perekonomian meningkat.