MENGENAI DESTINASI PARIWISATA MENURUT PENDAPAT PARA AHLI

Menurut kamus besar bahasa indonesia, destinasi mempunyai arti tempat tujuan kunjungan atau pengiriman. Jika kata ini merujuk pada kegiatan berwisata, maka destinasi mempunyai makna tempat tujuan wisata.  Pada umumnya destinasi lebih dikaitkan dengan tempat tujuan wisata. Destinasi wisata mempunyai arti suatu tempat yang akan dijadikan seseorang sebagai tujuan menghabiskan waktu sambil menikmati keindahan yang ada.

Pengertian destinasi pariwisata menurut Tuohino dan konu ( 2014) menyatakan bahwa destinasi adalah area geografis sebagai lokasi yang dapat menarik wisatawan untuk tinggal secara sementara yang terdiri dari berbagai produk pariwisata sehingga membutuhkan berbagai prasarat untuk merealisasikannya. Sementara menurut kim dan Brown (2012) produk pariwisata sendiri terdiri dari sekelompok atraksi, fasilitas dan layanan kepada wisatawan.

Sementara itu menurut UNWTO (2007) pengertian Destinasi  ialah ruang fisik yang memiliki batas – batas fisik dan administrasi yang mencakup campuran (bauran) dari layanan, produk, serta daya tarik. UNWTO (2007) juga menyatakan bahwa daya tarik dan pengalaman destinasi dapat dibentuk oleh berbagai elemen seperti atraksi, fasilitas, aksesibilitas, sumber daya manusia, citra dan harga.

Destinasi adalah tempat umum yang menawarkan kesempatan untuk mengeksploitasi berbagai atraksi dan layanan kepada subyek yang terlibat dalam migrasi wilayah.

Destinasi juga telah dianggap sebagai kombinasi dari produk, layanan dan pengalaman pariwisata yang disediakan secara lokal (Buhalis, 2000 cooper et al 1998 ) atau sebagai unit tindakan dimana berbagai pemangku kepentingan seperti kalangan swasta dan organisasi publik berinteraksi.

Destinasi dianggap sebagai produk komoditas tradisional dan oleh karena tiu aglomerasi fasilitas dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan diperlukan

Dari definisi dan penjelasan para ahli tersebut menyimpulkan bahwa destinasi pariwisata itu merupakan suatu wilayah geografis yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi dan ditinggali oleh individu atau kelompok secara sementara dalam suatu perjalanan.