SAPTA PESONA ( 1 )

Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah. Tujuan diselenggarakan program Sapta Pesona adalah untuk meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab segenap lapisan masyarakat, baik Pemerintah, Swasta maupun masyarakat luas untuk mampu bertindak dan mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari.  Sapta Pesona terdiri dari tujuh unsur, yaitu: Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah, dan Kenangan.

Kita harus menciptakan suasana indah dan mempesona serta rasa aman dimana saja dan kapan saja. Khususnya ditempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu melayani wisatawan dengan kondisi dan suasana yang menarik dan nyaman, sehingga wisatawan akan betah tinggal lebih lama lagi, merasa puas atas kunjungannya dan memberi kenangan indah dalam hidupnya.

       Aman

Wisatawan akan senang berkunjung ke suatu tempat apabila mereka merasa aman, tentram, tidak takut, terlindungi dan bebas dari:

  • tindakan kejahatan, kekerasan, ancaman seperti kecopetan, pemerasan, penodongan, penipuan dan lain sebagainya
  • terserang penyakit menular dan berbahaya lainnya
  • kecelakaan yang disebabkan oleh alat perlengkapan atau fasilitas yang kurang baik, seperti kendaraan, peralatan untuk makan dan minum, lift, alat perlengkapan aksi atau olahraga
  • gangguan oleh masyarakat, antara lain berupa pemaksaan oleh pedagang asongan, tangan jahil, ucapan dan tindakan serta perilaku yang tidak bersahabat dan sebagainya. Jadi aman berarti terjamin keselamatan jiwa dan fisik termasuk milik (barang) wisatawan.

Tertib

Kondisi lingkungan dan pelayanan yang tertib merupakan sesuatu yang sangat didambakan oleh setiap orang termasuk wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tujuan wisata. Kondisi yang mencerminkan kualitas fisik dan layanan yang konsisten, teratur dan efisien sehingga memberikan rasa nyaman dan kepastian bagi wisatawan. Antara lain:

  • bangunan dan lingkungan ditata teratur dan rapi
  • pelayanan dilakukan secara tepat waktu, serba teratur, rapi dan lancar
  • mewujudkan budaya antri .

Bersih

merupakan suatu kondisi lingkungan yang menampilkan suasana bebas dari kotor, sampah, limbah, penyakit dan  pencernaan. Wisatawan akan merasa betah dan nyaman bila berada di tempat yang bersih, sehat/higienis sehingga memberikan rasa nyaman dan senang bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah. Misalnya:

  • tidak membuang sampah/limbah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan obyek wisata sarana prasarana pendukungnya
  • sajian makanan dan minuman dikemas bersih dan sehat
  • menyiapkan/menggunakan penyajian alat perlengkapan yang bersih/higienis seperti: piring, sendok, tempat tidur, alat olah raga dan lain sebagainya
  • pakaian dan penampilan petugas bersih dan rapi.