Pemetaan wilayah Hulu Riam Kusing dan Riam Kendong

Pegunungan kasali memiliki 4 puncak yang berdekatan satu sama lain, yang mana salah satunya puncaknya adalah yang tertinggi di Barito Timur. Setelah beberapa waktu yang lalu tim gabunga Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Timur bersama KPHP Barito Hilir memetekan wilayah bagian hulu dari Riam Kusing dan Riam Palalang di desa Muara Awang, 
pada bulan agustus ini tim gabungan tersebut memetakan wilayah pegunungan Kasali khususnya di 4 puncak yang berdekatan tersebut.

Puncak Ajung, Puncak Dora, Puncak Pihan dan Puncak Banting merupakan penopang suplai kebutuhan air di wilayah Riam Kusing dan Riam Palalang, selain memiliki wilayah hutan yang asri dan eksotis. Pada saat tim melepas lelah dan berdiskusi, sayup-sayup terdengar suara Owa-owa dari puncak Pihan dan salah seorang tim ada melihat seekor burung tingang yang melitas dibalik pepohonan tinggi di Puncak Dora. Sungguh sebuah pengalaman menakjubkan yang dialami oleh tim, sangat beruntung dapat menikmati keindahan ciptaan Tuhan. Menurut warga yang mendampingi tim ini, setiap hari kita bisa mendengarkan suara binatang liar bahkan suara burung langka yaitu Burung Jue pun sering terdengar. Masyarakat setempat sangat tergantung dengan wilayah hutan tersebut untuk mencari hewan buruan seperti babi hutan, kijang maupun kancil, oleh sebab itu masyarakat di wilayah pegunungan Kasali sangat menjaga keasrian kawasan tersebut walaupun secara hukum kawasan itu adalah kawasan HPH milik perusahaan kayu.

Pemerintah Daerah melalui Disbudparpora Kabupaten Barito Timur berupaya maksimal untuk dapat melindungi wilayah Pegunungan Kasali tanpa melanggar aturan hukum yang berlaku. Sesuai petunjuk dan arahan Bupati Barito Timur
Ampera AY. Mebas kepada Plt. Kadisbudparpora Forty Rickyannou,ST.MT untuk dapat memaksimalkan potensi-potensi pariwisata yang masuk dalam kawasan perijinan dengan melakukan pola kerjasama dengan pemilik ijin HPH, Pemerintah Desa dan Masyarakatnya dalam membangun kepariwisataan. Pola kemitraan ini yang nantinya akan dilakukan guna dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar Pegunungan Kasali melalui kepariwisataan.